Penggunaan teknologi digital tidak hanya untuk memperoleh informasi, aktivitas ekonomi digital pun sudah menjadi gaya hidup diberbagai kalangan. Namun, tidak sedikit masyarakat desa yang belum begitu memanfaatkan transaksi instant e-commerce secara maksimal, terutama bagi yang sudah memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dengan demikian, diperlukannya sosialisasi pengenalan e-commerce agar menjadi peran aktif untuk mendukung UMKM yang ada sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat. Informasi akan mudah didapatkan secara online. Produk atau jasa yang dipasarkan pelaku UMKM dengan memanfaatkan e-commerce akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga mudah menemukan pelanggan dan meningkatnya pendapatan. Pemanfaatan fitur e-commerce dapat memudahkan UMKM dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Pengabdian ini ditujukan untuk pelaku UMKM dan para pemuda di desa Cipeundeuy, kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Teknik pengabdian ini menggunakan metode seminar, sharing dan diskusi. Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM dan para pemuda mengenai banyak kelebihan yang ditawarkan e-commerce untuk mempermudah UMKM melakukan bisnis
Copyrights © 2023