Journal of Muslim Community Health (JMCH)Vol. 4 No. 4 (2023): OKTOBER- DESEMBER (JMCH)
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang
Muhammad Yasdar Bahri(Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia) Haeruddin(Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia) Sitti Patimah(Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Article Info
Publish Date 24 Feb 2023
Abstract
Latar Belakang: Tuntutan masyarakat saat ini adalah rumah sakit harus dapat memberikan pelayanan yang one stop services, yaitu pelayanan kesehatan yang cepat, akurat, bermutu dan terjangkau. Data yang diperoleh untuk indikator pelayanan rawat inap di RSUD Arifin Nu’mang, ada 3 dari 6 indikator yang tidak memenuhi standar, yaitu Bed Occupation Ratio (BOR), Bed Turn Over (BTO), dan Turn Over Interval (TOI). Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang Tahun 2023. Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Populasinya adalah seluruh pasien rawat inap pada bulan Januari tahun 2023 di RSUD Arifin Nu’Mang dengan jumlah pasien rawat inap satu terakhir sebanyak 8.574 dengan rata-rata pasien perbulan berjumlah 714 orang kemudian sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 123 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023. Hasil: Positif terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Arifin Nu’mang tahun 2023 dengan nilai signifikansi (
Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...