Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 4 No. 4 (2023): OKTOBER- DESEMBER (JMCH)

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang

Muhammad Yasdar Bahri (Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Haeruddin (Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Sitti Patimah (Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Latar Belakang: Tuntutan masyarakat saat ini adalah rumah sakit harus dapat memberikan pelayanan yang one stop services, yaitu pelayanan kesehatan yang cepat, akurat, bermutu dan terjangkau. Data yang diperoleh untuk indikator pelayanan rawat inap di RSUD Arifin Nu’mang, ada 3 dari 6 indikator yang tidak memenuhi standar, yaitu Bed Occupation Ratio (BOR), Bed Turn Over (BTO), dan Turn Over Interval (TOI). Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang Tahun 2023. Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Populasinya adalah seluruh pasien rawat inap pada bulan Januari tahun 2023 di RSUD Arifin Nu’Mang dengan jumlah pasien rawat inap satu terakhir sebanyak 8.574 dengan rata-rata pasien perbulan berjumlah 714 orang kemudian sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 123 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2023. Hasil: Positif terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Arifin Nu’mang tahun 2023 dengan nilai signifikansi (<p= 0,000) Kualitas layanan secara langsung berpengaruh positif terhadap kepercayaan di unit rawat inap Rumah Sakit Arifin Nu’mang tahun 2023 dengan nilai signifikansi (<p=0,000), dan Kepuasan pasien secara langsung berpengaruh positif terhadap kepercayaan di unit rawat inap Rumah Sakit Arifin Nu’mang tahun 2023 dengan nilai signifikansi (<p=0,000). Kesimpulan: Ketepatan waktu pemberian obat, kebersihan ruangan, pelayanan yang cepat, pemberian informasi diagnosa, kepedulian petugas berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Adapun ketepatan waktu pemberian obat, kebersihan ruangan, pelayanan yang cepat, pemberian informasi diagnosa, kepedulian petugas dan kepuasan pasien juga berpengaruh terhadap kepercayaan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepercayaan melalui kepuasan pasien sebagai Variabel Intervening.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...