NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan
Vol 3, No 2 (2022)

STUDY KESIAPAN PENYELENGGARAAN PERKULIAHAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Helen Try Juniasti (Universitas Cenderawasih)
Asriati Asriati (Universitas Cenderawasih)
Muhammad Akbar Nurdin (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2023

Abstract

Latar belakang Data menujukkan bahwa di Provinsi Papua terkonfirmasi kasus covid-19 dengan persentase 0.8% secara nasional dengan jumlah 43.526 orangĀ  (KPCPEN, 2022). Universitas Cenderawasih (UNCEN) kembali memperpanjang masa penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM) secara dalam jaringan (Daring). Saat ini Universitas Cenderawasih masih menyelenggarakan PBM secara daring hingga waktu penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di tentukan, meskipun demikian Universitas Cenderawasih tetap harus mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan PBM secara tatap muka di waktu mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Kesiapan menyelenggarakan perkuliahan tatap muka (Luring) pada era new normal Pandemi Covid-19 di Universitas Cenderawasih. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa UNCEN belum optimalnya kesiapan untuk menyelenggarakan PTM hal ini terbukti dari minimnya wawasan dan sosialisasi terkait regulasi menyelenggarakan PTM, belum adanya hasil pendataan cakupan vaksinasi , belum tersedianya protokoler juknis menyelenggarakan PTM ditengah pandemic covid-19, minimnya penyediaan sarana dan prasarana dalam menerapkan Protokol kesehatan di lingkungan Universitas Cenderawasih. Kesimpulan diperoleh bahwa belum optimalnya persiapan universitas cenderawasih untuk menyelenggarakan PTM (Luring) pada era new normal Pandemi Covid-19 sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan agar menjadi perhatian yang serius

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NOKEN

Publisher

Subject

Education

Description

NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih. Ruang lingkup jurnal berfokus pada kajian pengelolaan di semua jenjang pendidikan, diterbitkan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan ...