Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 10 No 4 (2022): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN DAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH IBTPI PADA MASA PANDEMI COVID19 TAHUN 2021

Luciana Fransisca (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Yunia Sari (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Edy Lukito (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Warnadi Warnadi (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Wan Muhamad Kudri (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of price, service quality and location on student satisfaction and decision to study at the Pelita Indonesia Institute of Business and Technology. The population of this study were students and active students at IBT PI for the Even Semester period of the 2020/2021 Academic Year, totaling 2,353 students. Sampling in this study used the Accidental Sampling method, so that the sample in this study was 100 respondents. Methods of collecting data through questionnaires and interviews. The analysis technique in this research is Structural Equation Model (SEM) with the help of Smart Partial Least Square (PLS) 3.0 software. Based on the results obtained in this study, the price variable has a positive and significant effect on student satisfaction and decisions, service quality has a negative and insignificant effect on student satisfaction and decisions, and location has a positive and significant effect on student satisfaction and decisions. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan dan keputusan mahasiswa untuk berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa dan mahasiswi aktif di IBT PI periode Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 yang berjumlah 2.353 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart Partial Least Square (PLS) 3.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini bahwa variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Keputusan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan dan Keputusan Mahasiswa, dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan dan Keputusan Mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...