Komunikasi : Jurnal Komunikasi
Vol 14, No 1 (2023): Maret 2023

Amplifikasi Budaya Pop Bonge-Jeje Melalui Media Sosial Tik Tok

Irwanto Irwanto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Laurensia Retno Hariatiningsih (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Bonge-Jeje dan rekan-rekannya berhasil menarik perhatian publik melalui budaya pop yang mereka sebarkan. Pada awalnya penampilan mereka dikenal melalui media sosial TikTok. Keunikan dari pakaian yang mereka kenakan pada awal kemunculannya di TikTok adalah pakaian yang tidak bermerek, tidak mahal dan cenderung tidak lazimnya seperti pakaian pada umumnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena budaya pop ala Eka Satria Saputra alias Bonge dan Jeje dikomunikasikan dan dikenal serta diterima masyarakat melalui media sosial Tik Tok. Disini juga akan diurakan faktor-faktor yang dapat membuat masyarakat menerima budaya pop mereka. Untuk mengetahui elemen-elemen tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Ditemukan bahwa Bonge-Jeje dan rekan-rekannya melakukan konstruksi terhadap konten budaya pop yang mereka sebarkan. Konstruksi tersebut dimulai dari pemilihan media sosial, elemen visual, elemen audio dan gimmick. 

Copyrights © 2023