Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan)


ANALISIS KINERJA LAYANAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA GUSTI SJAMSIR ALAM

Nuning Suci (Politeknik Penerbangan Surabaya)
Wasito Utomo (Politeknik Penerbangan Surabaya)
Iwan Yunariawan (Politeknik Penerbangan Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov -0001

Abstract

Tidak optimalnya koordinasi antara UPNP Kotabaru dengan Unit Ground Handling sesuai dengan International Civil Aviation Organization (ICAO) Document 4444 Chapter 10 Transfer of Coordination yang menjelaskan tentang prosedur koordinasi antar unit atau sector control dalam layanan informasi penerbangan. Penelitian ini ditujukuan untuk menganalisa apakah pemberian layanan penerbangan yang diberikan sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.Untuk mengatasi permasalahan pemberian layanan penerbangan penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.). Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan kuesioner. Hasil analisis ini memberikan pemecahan masalah perlunya koordinasi antara UPNP Kotabaru dengan Unit Ground Handling di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru dalam hal penentuan parking stand. Kendala tersebut dapat diselesaikan dengan meninjau ulang Letter of Coordination Agreement (LOCA) sehingga terciptanya pemberian pelayanan yang efektif dan efisien.

Copyrights © 0000