Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Upaya Meningkatkan Karakter Jujur melalui Kegiatan Kantin Kejujuran pada Anak Kelompok B

Dessi Andriani (Universitas PGRI Palembang)
Maisha Angelia (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisiskan peningkatannya karakter jujur dengan kantin kejujuran anak. metode penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B. Data diperoleh menggunakan wawancara, observasi/ lembar pengamatan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif berupa nilai tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatannya ini bisa dilihatkan pada kondisi awal perkembangannya karakter jujur anak kelompok B3 saat ada dikriteria belum berkembang diiklus 1 ketika presentasenya 47% meningkatlah jadi berkembang dengan baik melalui dipergunakannya tindakannya memakai Pada siklus II aktivitas kantin kejujuran bersama anak dimintakan mata uangnya diurutkan dimulai nominalnya kecil sampai besar dimana persentase 80%. Aktivitas ini dibuatkan begitu menarik dan membahagiakan sehingga mendukungkan kriteria perkembangan dengan baik. Dimana adanya kantin kejujuran, jadi tumbuh kembang karakter jujur anak meningkat. Sehingga disimpulkan bahwa kegiatan kantin kejujuran yang dilakukan bersama siswa kelompok B TK IT Fathurrahman berhasil meningkatkan kejujuran anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...