Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Stres Akademik pada Remaja

Luthfiana Syachfitri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syahnur Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Raisha Fadhiya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Masa remaja dikenal sebagai masa dimana individu mengalami berbagai perubahan yang signifikan dalam hidupnya. Perkembangan ini tentu sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang menjadi landasan bagaimana seorang individu dapat bertransisi dari fase anak-anak hingga remaja. Terdapat beberapa pola asuh orang tua yang dapat memengaruhi perkembangan serta kepribadian seorang individu. Pola asuh yang cenderung terlalu memberikan tuntutan pada anak seringkali berdampak pada buruknya kemampuan mengelola stres pada anak. Salah satu stres yang dialami oleh remaja ialah stres akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pola asuh orang tua dapat memengaruhi tingkat stres akademik pada remaja. Hasil menunjukkan bahwa pola asuh yang diberikan oleh orang tua sangat menentukan sikap anak dalam menghadapi tingkatan tuntutan akademiknya. Dan ditemukan bahwa pola asuh authoritative memberikan pengaruh positif dalam membentuk hubungan yang sehat dengan anaknya yang ditandai dengan orang tua memiliki sikap yang responsif, bersahabat, serta kontrol emosi yang baik sehingga orang tua dapat membimbing anak dalam pencapaian akademisnya sekaligus dapat menekan tingkat stres akademik yang lebih rendah pada anaknya. Sedangkan untuk pola asuh authoritative serta permissive dinyatakan anak cenderung membentuk tingkat stres akademik yang lebih tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...