Jurnal Abdidas
Vol. 4 No. 1 (2023): February, Pages 1-120

Penyuluhan dan Sosialisasi Pasar Modal bagi Siswa SMA/SMK di Gresik

Astri Wening Perwitasari (Universitas Internasional Semen Indonesia)
Hadi Cahyono (Universitas Internasional Semen Indonesia)
Lisa Risfanasari (Universitas Internasional Semen Indonesia)
Rania Salsabila (Universitas Internasional Semen Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Literasi keuangan menjadi hal yang penting dewasa ini. Perkembangan dunia keuangan dengan berbagai macam instrumen keuangan yang baru membuat pengetahuan keuangan juga harus berkembang. Manajemen keuangan pribadi termasuk mengenai investasi menjadi hal yang krusial untuk dipahami, mengingat beberapa kasus terkait pengetahuan keuangan yang muncul belakangan ini. Generasi muda sebagai agen perubahan menjadi sasaran sosialisasi dan penyuluhan untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya tentang investasi dan pasar modal. Penyuluhan dan sosialisasi dilakukan secara langsung di SMA/SMK di Gresik, efektifitas kegiatan diukur menggunakan kuesioner yang memuat indikator pemahaman investasi dan pasar modal. Pengukuran menggunakan skala likert yang kemudian skor hasilnya dibagi menjadi lima kategori tingkatan pemahaman. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil bahwa pada setiap indikator pemahaman investasi dan pasar modal siswa/siswi mengalami peningkatan dengan hasil post test sebagai berikut. Pemahaman mengenai definisi investasi dan pasar modal memiliki skor tinggi (4,16), pemahaman tentang pentingnya investasi termasuk kategori sangat tinggi (4,32), pemahaman tentang sumber dana investasi tinggi (3,76), pemahaman tentang produk-produk investasi di pasar modal tinggi (3,92) dan pemahaman tentang risiko dan keuntungan investasi di pasar modal tinggi (3,96).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...