JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 6, No 1 (2020)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Handbook Materi Lingkaran Berbasis Kontekstual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika

Sakinah Ubudiyah Siregar (Unknown)
Lily Rohanita Hasibuan (Unknown)
Eva Julyanti (Unknown)
Ayu Suliani (Unknown)
Ariska Septieny Fauzy (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Anak Bangsa di Desa Sumber Sari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan berjumlah 45 orang. Populasi yang juga merupakan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen VIII-A yang berjumlah 25 orang dan kelas eksperimen VIII-B yang berjumlah 20orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Anak Bangsa. Hal ini dibuktikan dari perolehan skor angket dan tes dengan analisis regresi. Dimana analisis regresi pada nilai angket sebesar 0,000 dan pada nilai tes sebesar 0,003 sehingga diperoleh hasil sig. < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; (2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat dan hasil belajar dapat diketahui dari model summary analisis regresi yakni dengan melihat nilai R square. Adapun pengaruh penggunaan media pembelajaran handbook materi lingkaran berbasis kontekstual terhadap minat belajar sebesar 27,1 %, sedangkan terhadap hasil belajar sebesar 19%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...