JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 9, No 1 (2023)

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Anggun Rachmawati Putri (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sintha Sih Dewanti (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Tujuan riset ini guna (1) Mengidentifikasi dan menyelidiki perbandingan motivasibelajar siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (2)Mengidentifikasi dan menyelidiki hubungan gaya belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, (3) Mengetahui gaya belajar yang menyumbangpresentase besar terhadap motivasi belajar. Metode kuantitatif digunakan dalam riset inidengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan Simple Random Sampling. Kuesioner tentang motivasi belajar dan gayabelajar digunakan guna mengumpulkan data kemudian ditelaah menggunakan regresi linier ganda dengan taraf 5% (α = 0,05). Hasil riset menunjukkan bahwa 1) siswa laki-laki memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dari siswa perempuan yaitu dengan rata-rata 95,21 (2) terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan motivasi belajar siswa (3) gaya belajar auditori menyumbang presentase terbesar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 24,9%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...