Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis bahan ajar di kelas lima sekolah dasar khususnya untuk muatan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sub materi peran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang diperoleh dari tanggapan guru sebagai pengguna bahan ajar, serta studi observasi terhadap kurikulum sekolah dan dokumen bahan ajar yang digunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga Teknik untuk memperoleh data yaitu Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah daftar pertanyaan terstruktur yang berkaitan dengan penelitian. Adapun prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan hasil temuan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa bahan ajar yang digunakan untuk kelas lima sekolah dasar kalitengkek kabupaten purworejo sudah sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran. Materi disajikan dengan berdasarkan pendekatan tematik terpadu. Secara umum penyajian materi ilmu pengetahuan sosial khususnya pada pokok bahasan kegiatan ekonomi sejak awal kurang mendukung pengembangan ketrampilan aktivitas ekonomi peserta didik. Selain itu, melalui analisis bahan ajar ilmu pengetahuan sosial khusus materi aktivitas ekonomi dapat memberikan acuan bagi pihak sekolah maupun guru untuk dapat lebih meningkatkan kualitas bahan ajar dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran dan kebutuhan peserta didik.
Copyrights © 2023