Jurnal Psikologi Terapan (JPT)
Vol 5, No 2 (2022)

GAMBARAN INTENSI MENYONTEK PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS X

Rini Julistia (Universitas Malikussaleh)
Yuliyana Yuliana (Unknown)
Yara Andita Anastasya (Unknown)
Ika Amalia (Unknown)
Rahmia Dewi (Unknown)
Widi Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif di Universitas X dari tahun 2016 sampai 2020 berjumlah 205 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dengan teknik corrected item-total correlation dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X berada pada kategori negatif. Hal ini memiliki makna bahwa mahasiswa di Universitas X, memiliki attitudes toward the bahavioral yang negatif dimana mahasiswa menilai perilaku menyontek merupakan perbuatan yang tidak baik. Kemudian subjective norm yang dipandang negatif, membuat mahasiswa merasakan tekanan sosial untuk menghindari perilaku menyontek. Ketika attitudes toward the bahavioral dan subjective norm dinilai negatif maka perceived behavioral control yang dirasakan akan kecil, sehingga intensi untuk melakukan menyontek akan negatif. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode kuantitatif dua variabel dan dapat menambah variabel kontrol diri dalam fenomena menyontek yang terjadi di mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

This journal specifies in ten fields of psychology: 1) psychology of religion, 2) clinical psychology, 3) social psychology, 4) educational psychology,5) industrial and organizational psychology, 6) developmental psychology, 7) indigenous psychology, 8) experimental psychology, 9) psychometrics, and ...