Puspita Dekorasi merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa dekorasi backdrop pelaminan. Namun saat ini strategi promosi dan pemasaran yang dilakukan masih bersifat konvensional dimana pelanggan yang akan memesan dekorasi harus datang ke toko dan penyebaran informasi yang tidak efektif membuat pelanggan tidak mengetahui informasi terbaru sehingga  mempengaruhi  pelanggan untuk beralih ke tempat  lain. Maka dari  itu, penelitian ini membuat sebuah sistem berbasis web menggunakan metode CRM operasional dengan model pengembangan sistem Waterfall yang terdiri dari analysis, design, coding, testing dan maintenance yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam strategi promosi, pemasaran dan penjualan. Adapun CRM yang diterapkan diantaranya diskon, cashback, promo, kritik dan saran yang dapat membantu pelanggan untuk memberikan kritik dan sarannya sehingga Puspita Dekorasi tahu kepuasan pelanggan terhadap dekorasi yang dipesan. Dengan menerapkan CRM dalam sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas juga memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan.Â
Copyrights © 2023