Technology and Informatics Insight Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): TIIJ

Kerangka Konseptual Perancangan Serious Games untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Awaludin Abid (Universitas Putra Bangsa)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Di sekolah menengah kejuruan, pengembangan serious game masih terbatas. Beberapa peneltian juga dilakukan demi memperkecil kesenjangan pengajaran tradisional dan kebutuhan generasi milenial untk pembelajaran yang lebih interaktif. Namun pada akhirnya penerapan serious game hanya sekedar untuk penelitian tanpa adanya penerapan yang berkelanjutan, pengembangan hanya sebatas pada efektifitas transformasi dari pengajaran tradisional. ). Manfaat serious games tidak hanya dalam penyampaian pengetahuan yang efektif tetapi juga membangun karakter serta rasa percaya diri dari siswa dan memperkecil gap antara quick learner dan slow learne Dalam perancangan Serious game nantinya mengacu pada KKNI yang dikeluarkan oleh kemenristek Dikti. KNNI yang disusun untuk Pendidikan Sekolah Mengengah kejuruan Teknik kendaraan Ringan di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tiij

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The TIIJ (Technology and Informatics Insight Journal) publishes research from various topics in Informatic Technolgy and Computer Science, including but is not limited to the following topics: Mobile & Web Technology User Interface (UI) & User Experience (UX) Game Multimedia Machine Learning ...