Jurnal Tahsinia
Vol 1 No 2 (2020): JURNAL TAHSINIA

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CENGKONG II KECAMATAN PURWASARI KABUPATEN KARAWANG TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Chika Gianistika (STIT Rakeyan Santang)
Dede Ajeng Arini (STIT Rakeyan Santang)
Andriana Andriana (STIT Rakeyan Santang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode mengajar dan tehnik penyampaian yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi masih menggunakan metode searah atau ceramah sehingga masih rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang masih di bawah standar KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman IPA pada peserta didik kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman peserta didik dalam materi gaya dengan menggunakan direct instruction?. 2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman antara peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan pemahaman peserta didik dalam materi gaya dengan menggunakan direct instruction?.Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan menggunakan model desain penelitian Nonequivalent Groups pretest-postest design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit sedangkan sampelnya terbagi dalam dua kelas yaitu IV A dan IV B. Pengumpulan data dengan instrument test pemahaman IPA yang berbentuk esay berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data dari skor pretes, postes dan data gain ternormalisasi, dapat disimpulkan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman IPA pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman IPA pada peserta didik yang menggunakan pembelajaran direct instruction. 2) terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan antara peserta didik kelas IV SD Negeri Bhinangkit dalam mata pelajaran gaya yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemahaman IPA peserta didik yang menggunakan pembelajaran direct instruction.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...