Jurnal Tahsinia
Vol 3 No 1 (2022): April

PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hendar (STIT Rakeyan Santang)
Rahman Tanjung (STIT Rakeyan Santang)
Dede Ajeng Arini (STIT Rakeyan Santang)
Ahmad Syahid (STIT Rakeyan Santang)
Rudiyana (STIT Rakeyan Santang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran dan sejauhmana siswa mampu memahami pembelajaran dengan baik melalui media youtube sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemanfaatan Youtube dalam meningkatkan motivasi belajar saja dari sudut pandang siswa, tetapi juga dibahas di dalamnya terkait bagaimana kesiapan guru dalam memanfaatkan media Youtube ini dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak sekolah dan para guru mengakui bahwa dengan memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran, para siswa menjadi sangat antusias dalam belajar atau dengan kata lain motivasi belajar siswa meningkat. Namun untuk lebih meningkatkan pemanfaatan Youtube oleh para Guru, perlu dilaksanakan pelatihan-pelatihan dalam pembuatan video-video kreatif secara mandiri oleh guru yang dapat diunggah ke Youtube sebagai media pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...