Jurnal Manajemen
Vol 2, No 2 (2023): Februari

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SULSELBAR

Risa Arsita Sari (Universitas Negeri Makassar)
Nurul Fadilah Aswar (Universitas Negeri Makassar)
Annisa Paramaswary Aslam (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Sulselbar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Layanan dan Kepercayaan sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Nasabah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Nasabah PT. Bank Sulselbar sebanyak 1.000.000 orang sedangkan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang nasabah dengan teknik penarikan sampling teknik purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 4,502 + 0,175X1 + 0,290X2. Hasil hipotesis Uji F menunjukkan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti variabel bebas (Kualitas Layanan dan Kepercayaan) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (Kepuasan Nasabah). Sedangkan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung variabel Kualitas Layanan lebih besar dari nilai t-tabel dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti Kualitas Layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Begitu pula untuk variabel Kepercayaan diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah.Abstract: This study aims to determine the effect of service quality and trust on customer satisfaction at PT. South Sulawesi Bank. The independent variables in this study are Service Quality and Trust, while the dependent variable is Customer Satisfaction. The population in this study are all customers of PT. Bank Sulselbar as many as 1,000,000 people while the sample used is 100 customers with a purposive sampling technique. Data was collected using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25.00 for windows.Based on the results of the study, the multiple regression equation Y = 4.502 + 0.175X1 + 0.290X2. The results of the F test hypothesis show that the calculated F value is greater than the F table value with a significance level of 0.000 <0.05, which means that the independent variables (Service Quality and Trust) simultaneously have a positive and significant effect on the Y variable (Customer Satisfaction). Meanwhile, the results of the t-test obtained that the t-count value of the Service Quality variable is greater than the t-table value with a significance level of 0.000 <0.05, which means that Service Quality partially has a positive and significant effect on Customer Satisfaction. Likewise for the Trust variable, the t-count value is greater than the t-table value with a significance level of 0.000 <0.05, which means that Trust partially has a positive and significant effect on Customer Satisfaction.Keywords: Service Quality, Trust and Customer Satisfaction

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen is a media or means of communication and scientific publication from the result of management science thought and research carried out by lecturers, researchers and related research institutions. Jurnal Manajemen are published twice a year (February and August) through Open Journal ...