cover
Contact Name
Muhammad Ichwan Musa
Contact Email
m.ichwan.musa@unm.ac.id
Phone
+628124271104
Journal Mail Official
m.ichwan.musa@unm.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Pendidikan, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : 27238059     EISSN : 28295412     DOI : http://dx.doi.org/10.26858/jm
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen is a media or means of communication and scientific publication from the result of management science thought and research carried out by lecturers, researchers and related research institutions. Jurnal Manajemen are published twice a year (February and August) through Open Journal System (OJS)
Articles 35 Documents
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KFC CABANG PETTARANI KOTA MAKASSAR Vira Auliah; Muhammad Ichwan Musa; Uhud Darmawan Natsir
Jurnal Manajemen Vol 2, No 1 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.397 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i1.31998

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada KFC cabang pettarani kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk sedangkan variabel terikatnya adalahkepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan KFC Pettarani Kota Makassar yang berjumlah 43.000 orang pelanggan setiap bulannya, sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampling yaitu non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil bahwa kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pengaruh yang diberikan bersifat positif dan signifikan. Arah positif yang diberikan variabel kualitas produk (independen) dapat dilihat dari persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,663 + 0,310X. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan baik berupa produk atau jasa kepada pasar agar dapat dibeli, digunakan, atau dikomsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan.Sedangkan kepuasan pelanggan adalah lebih mengarah pada perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. Adapun alat ukur kepuasan pelanggan yaitu memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menyampaikan saran, pendapat maupun keluhan, dengan informasi yang diberikan pelanggan sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas produk memberikan kesan positif maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan begitupun sebaliknya, apabila dari kualitas produk memberikan kesan negatif maka kepuasan pelanggan akan menurun. Karena pelanggan akan merasa puas apabila membeli dan mengkomsumsi produk yang memiliki kualitas yang baik.Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan PelangganAbstract. This study aims to determine the effect of product quality on customer satisfaction at the KFC pettarani branch in Makassar. The independent variable in this study is product quality, while the dependent variable is customer satisfaction. The population in this study is the customer of KFC Pettarani Makassar City, amounting to 43,000 customers each month, while the sample used is based on the Slovin formula with an error rate of 10%, namely 100 respondents. Withdrawal sampling technique is non-probability sampling with the technique taken is accidental sampling technique. Data was collected using a questionnaire. The data analysis technique used is simple linear regression analysis using SPSS 25.00 for windows. Based on simple linear regression analysis, the results obtained that product quality affects customer satisfaction. The influence given is positive and significant. The positive direction given by the product quality variable (independent) can be seen from the regression equation as follows: Y = 1.663 + 0.310X. This shows that product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. Product quality is anything that can be offered either in the form of products or services to the market so that it can be purchased, used, or consumed, which can satisfy the desires or needs of customers. While customer satisfaction is more directed to feelings of pleasure or disappointment from someone who appears after comparing products. and services from what they think with what they expect. The measuring instrument for customer satisfaction is to provide opportunities for customers to submit suggestions, opinions or complaints, with the information provided by customers is very useful to correct deficiencies. So it can be concluded that if the quality of the product gives a positive impression it will increase customer satisfaction and vice versa, if the quality of the product gives a negative impression then customer satisfaction will decrease. Because customers will feel satisfied when they buy and consume products that have good quality.Keywords: Product Quality and Customer Satisfaction
Analisis Likuiditas dan Profitabilitas dalam Menilai Kinerja Keuangan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk Nurhikma Nurhikma; M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Jurnal Manajemen Vol 1, No 1 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.556 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i1.22336

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan pada PT. Waskita Karya (Persero) Tbk selama empat tahun (2016-2019) berdasarkan analisis likuiditas dan profitabilitas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2016-2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laba rugi PT. Waskita Karya (Persero) Tbk periode 2016-2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas pada tahun 2016 dan 2018 cukup baik dan pada tahun 2017 dan 2019 kurang baik karena berada dibawah rata-rata standar industri yang menunjukkan jaminan atas kewajiban jangka pendek rendah. Sehingga dikhawatirkan berpotensi tidak dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Hasil analisis rasio profitabilitas menunjukkan PT. Waskita Karya (Persero) Tbk dalam menghasilkan laba dari sisi NPM dan ROE baik  pada tahun 2016-2018, dan dari sisi ROA cukup baik. Namun pada tahun 2019, rasio profitabilitas PT. Waskita Karya (Persero) Tbk tidak baik dalam menghasilkan laba yang optimal dan perusahaan dikhawatirkan tidak mampu memaksimalkan sumber daya dalam menghasilkan laba bersih dan kurang mampu memenuhi kepentingan perusahaan dan kepentingan saham.Kata kunci: Kinerja Keuangan, Likuiditas, Profitabilitas Abstract. This study aims to determine and analyze the financial performance of PT. Waskita Karya (Persero) Tbk for four years (2016-2019) based on liquidity and profitability analysis. This type of research is descriptive quantitative. The population in this study is the financial report data of PT. Waskita Karya (Persero) Tbk for the 2016-2019 period, while the sample in this study is the financial report consisting of the balance sheet and profit and loss of PT. Waskita Karya (Persero) Tbk period 2016-2019. The technique of data collection is done by documentation technique. The results show that the liquidity ratio in 2016 and 2018 is quite good and in 2017 and 2019 it is not good because it is below the industry standard average which indicates that the guarantee for short-term liabilities is low. So it is feared that it will potentially not be able to meet its short-term obligations. The results of the profitability ratio analysis show that PT. Waskita Karya (Persero) Tbk in generating profits in terms of NPM and ROE both in 2016-2018, and in terms of ROA is quite good. However, in 2019, the profitability ratio of PT. Waskita Karya (Persero) Tbk is not good at generating optimal profits and the company is feared not to be able to maximize resources in generating net income and less able to meet the company's interests and share interests. Keyword: Financial Performance, Liquidity, Profitability
PENGARUH LABELISASI HALAL DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR) Nurhasia Isman; Zainal Ruma; Tenri Sayu Puspitaningsih Dipoatmodjo
Jurnal Manajemen Vol 2, No 2 (2023): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.713 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i2.35505

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah labelisasi halal dan celebrity endorser sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi UNM angkatan 2019 dengan jumlah populasi sebanyak 861 mahasiswi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Tekik analisis datang yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25.00 for Windows. Hasil penelitian ini diperoleh nilai dari Uji Korelasi Koefisien sebesar 0,716 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antar dua variabel. Dan R square sebesar 0,503 artinya variabel labelisasi halal dan celebrity endorser memberikan pengaruh sebesar 50,3% terhadap keputusan pembelian, dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Labelisasi Halal berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; 2) Celebrity Endorser berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata kunci: Labelisasi Halal,Ccelebrity Endorser, Keputusan PembelianAbstract. This study aims to determine the Effect of Halal Labeling and Celebrity Endorser on Wardah Cosmetics Purchase Decisions on students of the Faculty of Economics, Makassar State University. The independent variables in this study are halal labeling and celebrity endorsers, while the dependent variable is purchasing decisions. This type of research is quantitative research. The population in this study were active students of the Faculty of Economics, UNM class of 2019 with a total population of 861 female students. Sampling using purposive sampling technique and obtained a total sample of 100 respondents. The coming analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25.00 for Windows. The results of this study obtained the value of the Coefficient Correlation Test of 0.716 which indicates that there is a strong relationship between the two variables. And R square of 0.503 means that the halal labeling variable and celebrity endorser have an influence of 50.3% on purchasing decisions, and the rest is influenced by other variables. This study shows that: 1) Halal labeling has a positive and significant effect on purchasing decisions; 2) Celebrity endorsers have a positive and significant impact on purchasing decisions.Keyword: Halal labeling, Celebrity Endorser, Purchasing Decisions
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE (STUDI KASUS MAHASISWA ANAK KOST FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR) Ajis Chaniago Indrawan
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.955 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.27078

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang telah mengonsumsi mie instan merek Indomie dan merupakan anak kost. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dari analisis regresi didapatkan persamaan Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (2) Faktor sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (3) Faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (4) Faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (5) Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie. Variabel budaya berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie dengan nilai koefisiensi regresi sebesar 0.464.Kata Kunci: Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Keputusan PembelianAbstract: This study aims to determine the influence of cultural, social, personal and psychological factors on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products, either partially or simultaneously. The population in this study were students of the Faculty of Economics, Makassar State University who had consumed Indomie brand instant noodles and were boarding children. The data collection technique in this study used a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used multiple regression analysis. From the regression analysis, the equation Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. The results of this study indicate that: (1) cultural factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (2) Social factors have an insignificant negative effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (3) Personal factors have a positive and significant impact on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (4) Psychological factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (5) Cultural, social, personal and psychological factors have a significant effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products. The cultural variable has a dominant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodle products with a regression coefficient of 0.464.Keywords: Culture, Social, Personal, Psychology, Purchase Decision 
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR) Nandi Rasdiana Sri Sandro; Abdi Akbar; Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin
Jurnal Manajemen Vol 2, No 1 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.954 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i1.31987

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi UNM angkatan 2018 dengan menggunakan metode Sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 13. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung. Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung. Serta kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung.Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan KonsumenThis study is a quantitative study that aims to determine the effect of product quality and price on consumer satisfaction of Samsung smartphones (a case study on students of the Faculty of Economics, State University of Makassar). The independent variables in this study are product quality and price, while the dependent variable is consumer satisfaction. The population in this study were all active students of the Faculty of Economics, State University of Makassar class of 2018, using the Sampling method, a sample of 100 respondents was obtained. Data collection techniques used are questionnaires, literature study, and documentation. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 13. The results of this study indicate that product quality (X1) partially has a significant effect on consumer satisfaction for Samsung smartphones. Price (X2) partially has a significant effect on consumer satisfaction of Samsung smartphones. And product quality (X1) and price (X2) simultaneously have a significant effect on consumer satisfaction for Samsung smartphones.Keywords: Product Quality, Price, and Consumer Satisfaction.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS COFFEE SHOP DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI ANOMALI COFFEE MAKASSAR) Muh. Iqram East Mopilie; Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin; M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Jurnal Manajemen Vol 2, No 2 (2023): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.12 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i2.42300

Abstract

Abstrak. “Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Coffee Shop di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Anomali Coffee Makassar).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan oleh bisnis coffee shop untuk bertahan di masa pandemi Covid-19, khususnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Anomali Coffee Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu dari model bisnis kanvas untuk pemetaan konsep dasar, PESTEL dan Five-Forces of Porter untuk analisis eksternal, dan bauran pemasaran 4P dan STP untuk analisis internal perusahaan. Untuk mendeskripsikan hasil penelitian digunakan matriks SWOT dan TOWS dengan menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan dari Anomali Coffee Makassar berada dari segi tempat yang strategis dan nyaman, dengan kualitas kopi yang digunakan berkualitas tinggi, dan untuk adaptasi di masa pandemi, menginovasikan produk minumannya dengan mengeluarkan produk botolan yang bisa di simpan oleh konsumen. Sedangkan kelemahan dari bisnis ini berada di segi bauran promosi yang belum tersampaikan dengan baik ke konsumen dan dari segi harga yang kurang bisa digapai oleh kalangan menengah ke bawah. Anomali Coffee Makassar juga memiliki peluang pasar B2B dimana jika bisa meluncurkan produk botolannya dengan harga 20 ribu dan memasarkannya di berbagai marketplace agar bisa dijangkau oleh seluruh kalangan. Sedangkan ancaman yang harus dihadapi berupa situasi pandemi yang tidak menentu hingga menurunnya daya beli masyarakat, serta pemberlakuan PPKM dari pemerintah yang membuat operasional dari kafe sangat terbatas.Kata kunci: Strategi pemasaran, coffee shop, pandemi Covid-19, Anomali Coffee Makassar.Abstract. Marketing strategies in Maintaining coffee shop business during the Covid-19 Pandemic (Case study of Anomali Coffee Makassar). This study aims to determine the appropriate marketing strategy to be applied by the coffee shop business to survive the Covid-19 pandemic, especially the marketing strategy implemented by Anomali Coffee Makassar. The research approach used in this research is to use a qualitative descriptive approach. The analytical tools used are the business model canvas for basic concept mapping, PESTEL and Five-Forces of Porter for external analysis, and the marketing mix 4P and STP for internal company analysis. To describe the research results, SWOT and TOWS matrices are used to determine the appropriate marketing strategy to be applied. The results of this study indicate that the strength of Anomali Coffee Makassar lies in its strategic and comfortable place, with high quality coffee used, and for adaptation during the pandemic, innovating its beverage products by issuing bottled products that can be stocked by consumers. Meanwhile, the weakness of this business is in terms of the promotion mix which has not been conveyed properly to consumers and in terms of prices which are less affordable for the lower middle class. Anomali Coffee Makassar also has a B2B market opportunity where if they can launch a bottled product at a price of 20 thousand rupiah and market it in various marketplaces so that it can be reached by all groups. Meanwhile, the threats that must be faced are in the form of an uncertain pandemic situation to the decline in people's purchasing power, as well as the implementation of PPKM from the government which makes the operations of cafes very limited. Keywords: Marketing strategy, coffee shop, Covid-19 pandemic, Anomali Coffee Makassar.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) PERIODE 2015-2019 Nurafni Nurafni; Nurman Nurman; Andi Mustika Amin
Jurnal Manajemen Vol 2, No 1 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.195 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i1.32004

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Pegadaian (Persero) Periode 2015-2019 berdasarkan empat jenis rasio yaitu: rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Pegadaian (Persero). Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Pegadaian (Persero) selama lima tahun terakhir (2015-2019). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Pegadaian (Persero) Periode 2015-2019 Sangat Baik, yaitu berada pada penilaian “A” 65 < TS < = 80.Kata kunci: Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan.Abstract. This research aim is to find out the financial perofmance of PT. Pegadaian (Persero) from 2015 to 2019. The financial performance evaluation is based on the minister of stated owned enterprises decree No: KEP/100/MBU/2002. The ratio used to evaluate this financial performance are Return On Equity (ROE), Return On Invesment (ROI), Cash Ratio, Current Ratio, Collection Periods, Inventory Turn Over, Total Asset Turn Over (TATO), and Total of Own Asset thorugh Total Asset. The research population is the financial report of PT.Pegadaian (Persero). The sample in this research is PT.Pegadaian (Persero) financial report for the last five years (2015-2019). Type and data resource in this research are quantitative data, and secondary data resourch. The result of this research present that the financial performance of PT. Pegadaian (Persero) from 2015 to 2019 is very good, it is in grade “A” 65 < TS < = 80.Keywords: Financial Performance, Financial Ratio.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI CREDIT UNION SAUAN SIBARRUNG WILAYAH TORAJA Dian Intan Tangkeallo
Jurnal Manajemen Vol 1, No 1 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.338 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i1.23069

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Koperasi Credit Union Sauan Sibarrung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer berupa kuisioner yang disebar pada karyawan yang bekerja di Koperasi CU Sauan Sibarrung dengan jumlah sampel sebanyak 60 reponden. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di Koperasi CU Sauan Sibarrung dengan nilai gaya kepemimpinan sebesar 83,86 % dan kinerja karyawan sebesar 81,51 %. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan diperoleh persamaan yaitu Y = 36,857 + 0,587X. Dengan koefisien determinasi (R kuadrat) sebesar 0,662 yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sebesar 66,20 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karwawan Abstract: This study aims to determine the effect of leadership style on the performance of the Sauan Sibarrung Credit Union Cooperative employees. The data collection technique used in this study is to use primary data in the form of questionnaires distributed to employees who work in the Sauan Sibarrung CU Cooperative with a total sample of 60 respondents. The results showed that leadership style had a positive and significant influence on employee performance in the Cooperative CU Sauan Sibarrung with a leadership style value of 83.86% and employee performance of 81.51%. The data analysis technique used is simple linear regression and the equation is Y = 36,857 + 0,587X. With a coefficient of determination (R squared) of 0.662 which means that the influence of the leadership style variable on employee performance is 66.20%, while the rest is influenced by other variables. Keywords: Leadership Style, Employee Performance
PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indnesia) Ilham Alfian Ramadhan Ramelan; Agung Widhi Kurniawan; Ilma Wulansari Hasdiansa
Jurnal Manajemen Vol 2, No 2 (2023): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.258 KB) | DOI: 10.26858/jm.v2i2.36707

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan laporan keuangan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011- 2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan posisi keuangan konsolidasian dan laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain konsolidasian pada tahun 2011- 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas (current ratio) dan profitabilitas (return on asset) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kebijakan hutang. Secara simultan, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang. Apabila asset mengalami peningkatan, maka akan terjadi perubahan kebijakan hutang, sehingga akan mempengaruhi penggunaan hutang terhadap pembiayaan aset perusahaan. Kata kunci: Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Aset, Kebijakan HutangAbstrak: This study aims to determine the Effect liquof iditidentity profitability against the policy of debt on a Company’s Manufacturing consumer Goods Industry listed on the Indonesia Stock Exchange. This research is quantitative research is associative. The population in this study is the overall financial statements of the Company Manufacturing consumer Goods Industry listed in Indonesia Stock Exchange in 2011 - 2019, while the sample in this study is to report consolidated statements of financial position and statements of income and comprehensive income for the other statements in the years 2011 - 2019. Data collection techniques were carried out with engineering documentation. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study showed that partial liquidity (current ratio) and profitability (return on assets) have significant and negative effects on debt policy. Simultaneously, liquidity and profitability have a significant effect on debt policy. If the asset has increased, then it will be a change in the policy of debt, so that will affect the use of debt to finance the assets of the company.Keywords: Liquidity, Profitability, Asset Structure, Debt Policy
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. EQUIPORT INTI INDONESIA Fitrah Fitrah
Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 (2022): Februari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.36 KB) | DOI: 10.26858/jm.v1i2.27693

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Equiport Inti Indonesia, dan (2) untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Equiport Inti Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 20 orang, sedangkan sampel adalah 20 orang yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan kerja (X1) dan motivasi kerja (X2) memberikan pengaruh positif terhadap kinerja karyawan (Y) pada PT Equiport Inti Indonesia. Berdasarkan analisis data statistik, semua variabel bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik dinyatakan bahwa semua variabel berdistribusi normal. Pada uji analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 10,459 + 0,374X1 + 0,849X2. Pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 58,7% kemampuan kerja dan motivasi kerja PT. Equiport Inti Indonesia dipengaruhi oleh variabel yang diteliti pada penelitian ini.Kata kunci: Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja KaryawanAbstract: This research aimed (1) whether or not impact work ability to performances employee than PT Equiport Inti Indonesia, and (2) for explain whether or not work motivation on performance employee than PT Equiport Inti Indonesia. The population of this research is 20 people. While the sample is 20 people taken with a saturated sampling technique. Data collection was carried out using questionnaires and interviews. Data analysis was carried out using multiple linear regression analysis by using Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results of this study indicate that the variables of work ability (X1) and work motivation (X2) have a positive influence on performance employee (Y) at PT Equiport Inti Indonesia. Based on statistical data analysis, all variables are valid and reliable. In the classical assumption test, it is stated that all variables are normally distributed. In the multiple linear regression analysis, the regression equation Y = 10.459 + 0.374X1 + 0.849X2. The coefficient of determination test shows that 58.7% of work ability and work motivation of PT Equiport Inti Indonesia is influenced by the variables studied in this study.Keywords: Work Ability, Work Motivation, Performance Employee 

Page 1 of 4 | Total Record : 35