I-Com : Indonesian Community Journal
Vol 3 No 1 (2023): I-Com: Indonesian Community Journal (Maret 2023)

Peningkatan Kemampuan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Banjar Babakan Desa Sukawati Gianyar

Octavianus Sumardana Pratama (Universitas Ngurah Rai)
I Gusti Ngurah Eka Partama (Universitas Ngurah Rai)
Anak Agung Gede Rai (Universitas Ngurah Rai)
Adrie (Universitas Ngurah Rai)
I Made Artha Rimbawa (Universitas Ngurah Rai)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan atas dasar adanya penurunan daya saing usaha pasca pandemi termasuk dengan daya saing sektor UMKM. Saat ini UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian nasional yabng perlu memiliki daya saing agar dapat menghadapi persaingan usaha global. Peningkatan daya saing usaha dapat memanfaatkan e-commerce dengan membuat toko daring, berjualan secara daring, melakukan transaksi secara online, dan menggunakan internet sebagai media untuk pemasaran. Kegiatan PkM dilaksanakan dengan sosialisasi dan pelatihan cara pemasaran secara daring dan cara menggunakan internet sebagai media pemasaran produk UMKM. Target luaran dalam kegiatan ini adanya peningkatan pengetahuan pelaku UMKM dalam pemasaran melalui digital marketing dan pentingnya hak kekayaan intelektual dalam produk UMKM di Banjar Babakan Desa Sukawati kabupaten Gianyar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...