WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 7, No 1 (2022): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2022

Meningkatkan Kompetensi Guru SMA/MA dalam Mendesain Eksperimen Fisika sebagai Upaya Melatihkan Keterampilan Abad 21

Muhamad Gina Nugraha (Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Andi Suhandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Heni Rusnayati (Universitas Pendidikan Indonesia)
hera novia (Universitas Pendidikan Indonesia)
hana susanti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Kegiatan eksperimen merupakan ciri khas dalam pembelajaran sains (salah satunya Fisika) dimana siswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman sebagaimana para ilmuwan menemukan suatu konsep. Melalui kegiatan eksperimen, siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dan penemuan, sehingga bukan hanya pengetahuan yang akan diperoleh siswa, tetapi juga dilatihkan keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan siswa. Salah satu penentu pelaksanaan dan keefektifan kegiatan eksperimen dalam pembelajaran Fisika di sekolah adalah pengetahuan dan keterampilan Guru dalam mendesain kegiatan eksperimen, terutama pada massa pandemic dimana pembelajaran umumnya dilakukan secara Daring. Sehingga diperlukan kegiatan pelatihan bagi Guru sebagai upaya melatihkan keterampilan abad 21 siswa melalui kegiatan eksperimen yang tepat. Metode one shot case study dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner terbuka dan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda digunakan untuk melihat dampak dari kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 65 peserta Guru SMA/MA dari berbagai daerah se-Indonesia. Berdasarkan hasil pengolah data diperoleh informasi bahwa semua peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan dengan pencapaian penguasan konsep mendesain eksperimen berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, kegiatan pelatihan mendesain eksperimen dapat memberikan pengetahuan dan motivasi bagi guru untuk melaksanakan eksperimen dalam pembelajaran fisika disekolah, sehingga diharapkan dapat melatihkan keterampilan abad 21 siswa. Namun demikian, berdasarkan hasil evaluasi kegiatan ditemukan 2 hal yang menjadi bahan refleksi perbaikan kegiatan, yaitu terdapat sekurangnya 4 peserta yang mengalami gangguan jaringan internet selama kegiatan dan durasi waktu pelatihan yang masih kurang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...