Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan narasi studi pada siswa kelas IV SD Negeri 8 Arungkeke. Jumlah populasi 32 siswa kelas IV dengan meggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskkriptif dan analisis statistik iferensial. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian penguasaan kosakata memiliki rata-rata 37,34 berada pada kategori sangat kurang dan keterampilan menulis karangan narasi memiliki rata-rata 30,38 berada pada kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukkan rhitung rtabel (0,997 0,349 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan narasi studi pada siswa kelas IV SD Negeri 8 Arungkeke.
Copyrights © 2023