WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 2, No 1 (2017): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2017

PENGGUNAAN INSTRUMEN TES FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED QUESTION SEBAGAI SARANA BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMA

Arvina Yulindar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Johar Maknun (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muslim Muslim (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan instrumen tes fisika berbasis open-endedquestionsebagai sarana berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Dalam penelitian ini data dikumpulkan denganmetode observasi, dan dianalisis secara deskriptif. Alat pengumpul data berupa angket dan wawancarakepada guru.Sampel penelitian adalah 6 guru fisika pada salah satu SMA Swasta di Bandung yang terdiridari 3 guru fisika kelas X, 2 guru fisika kelas XI dan 1 guru kelas XII. Hasil analisis data menunjukkan bahwapenggunan tes fisika berbasis open-ended question dikategorikan cukup, dikarenakan kurangnyapengetahuan guru tentang open-ended question. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai studipendahuluan untuk pengembangan instrumen tes fisika berbasis open-ended question sebagai saranaberpikir kritis dan kreatif siswa SMA.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...