WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 5, No 2 (2020): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2020

Profil Pertanyaan Siswa SMP Berdasarkan Klasifikasi The Question Category System for Science (QCSS) dan Penguasaan Konsep Pada Artikel Ilmiah Tema Pemanasan Global

Ika Alfianti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Teguh Chandra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Taufik Ramlan Ramalis (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2020

Abstract

Pertanyaan siswa mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai sumber potensial dalam mempelajari sains dan mengajar dengan memberikan umpan balik yang berguna untuk guru tentang pemahaman siswa. Studi ini dilakukan untuk menganalisis pertanyaan yang diajukan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berdasarkan klasifikasi The Question Category System for Science (QCSS) serta menganalisis pertanyaan siswa berdasarkan kelompok penguasaan konsep dengan menggunakan media artikel ilmiah pada tema pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tertulis siswa dengan menggunakan empat artikel ilmiah dan mengelompokkan siswa menjadi tiga kelompok yaitu kelompok penguasaan konsep “tinggi”, “sedang”, dan “rendah” dengan menggunakan soal tes penguasaan konsep pemanasan global. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh siswa mampu untuk mengajukan pertanyaan dan sebagian besar adalah jenis pertanyaan ingatan kognitif (57,02%) dan pertanyaan konvergen (33,56%), keduanya merupakan pertanyaan level kognitif rendah. Namun demikian, pertanyaan divergen paling banyak ditanyakan oleh kelompok penguasaan konsep “tinggi” dengan rata-rata 2,75 pertanyaan tiap siswa. Kata Kunci : Pertanyaan Siswa, QCSS, Penguasaan Konsep, Pemanasan Global

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...