Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara
Vol. 5 No. 1 (2023): Maret : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara

IMPLEMENTASI PENANGANAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (FRAKTUR) BERBASIS KELOMPOK TERHADAP PENGETAHUAN PENANGANAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (FRAKTUR)

Mohammad Arifin Noor (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Suyanto Suyanto (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Betie Febriana3 (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Dwi Nur Aini (Universitas Widya Husada Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan kerja sering terjadi di khalayak masyarakat, pengananan pertama pada kecelakaan (fraktur) merupakan sesuatu hal yang perlu diketahui oleh masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan struktur tulang dengan baik dan tidak terjadi komplikasi berkelanjutan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh kader kesehatan adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penanganaan pertama pada kecelakanaan terutama fraktur. Pengetahuan kader kesehatan khususnya dalam penanganan pertama pada kecelakaan (fraktur) sangat rendah, hal ini memungkinkan terjadinya perberatan komplikasi yang terjadi pada pasien fraktur salahsatunya adalah syndrome kompartmen dan syok. Tujuan dari PKM ini adalah agar setiap peserta kegiatan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan penanganan pertama pada kecelakaan (fraktur). Hasil akhir dari program ini adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan kader kesehatan dalam melakukan penanganan pertama kecelaksaan (fraktur) di lingkungan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pengabmas

Publisher

Subject

Education Health Professions Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara) adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat. Focus dan Scope pada bidang Multidisiplin Ilmu, pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Pertanian, Komunikasi, Kesehatan, dan Rekayasa. ...