Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Tamu di The Trans Resort Bali

I Kadek Adi Anan Jaya (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Ida Bagus Made Wiyasha (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Miko Andi Wardana (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penelitan ini membahas tentang kualitas pelayanan dan presepsi harga yang berada di The Trans Resort, Bali. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan presepsi harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu pada The Trans Resort, Bali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisoner dengan sampel para wisatawan yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji kelayakan model) dan analisis data Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian analisis Regresi Linier Berganda adalah kepuasan tamu dipengaruhi olah kualitas pelayanan dan presepsi harga. Dari hasil uji F bahwa secara Simultan kualitas pelayanan dan presepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Secara Parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan. Presepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu Nilai Koefisien Determinasi (R2=0,953) ini berarti pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan tamu sebesar 95,3% sedangkan sisanya sebesar 4,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. This research discusses the quality of service and price perceptions at The Trans Resort, Bali. The purpose of this study is to determine whether service quality and price perception have a positive and significant influence on guest satisfaction at The Trans Resort, Bali. The data collection technique in this study used a questionnaire with a sample of 35 tourists. This study uses a quantitative approach with data analysis methods and techniques used, namely classical assumption test (normality test, multicollinearity test, model feasibility test) and Multiple Linear Regression data analysis. The results of the analysis of Multiple Linear Regression is that guest satisfaction is influenced by service quality and price perception. From the results of the F test that simultaneously service quality and price perception have a significant effect on guest satisfaction. Partially the quality of service has a significant effect. Price perception has a significant effect on guest satisfaction. The value of the coefficient of determination (R2 = 0.953) means that the effect of service quality and price perception on guest satisfaction is 95.3% while the remaining 4.7% is influenced by other factors.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...