Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 1 (2022)

Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Berbasis Google Classroom Terhadap Perilaku Religius di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

Zakki Tifani Ibadu Rochman (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Moch. Charis Hidayat (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Ika Puspitasari (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berbasis google classroom di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, dan menjelaskan pengaruh penggunaan googel classroom terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik Purposive sampling yaitu siswa dan siswi kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Teknik pengumpulan data mengunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa: (1). Terdapat pengaruh positif singnifikan penggunaan google classroom, terhadap perilaku religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya dengan nila tabel (9,210 > 5,991). Artinya penggunaan google classroom dapat memiliki pengaruh terhadap perilaku religius  siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...