Phinisi Integration Review
Volume 6 Nomor 1 Tahun 2023

ANALISIS LITERASI MELALU KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD 31 BONTOMACINNA KABUPATEN BULUKUMBA

Syahrul Ramadhan S (Universitas Islam Makassar)
Sri Hastati (Universitas Islam Makassar,Indonesia)
Erwin Nurdiansyah (Universitas Islam Makassar)
Erniati Erniati (Universitas Islam Makassar)
Supriadi Supriadi (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Literacy in Indonesia has decreased significantly due to low literacy in reading and writing. Low literacy in reading and writing also occurs at UPT SD 31 Bontomacinna. The purpose of this study is to determine the analysis of literacy in reading and writing through teaching campuses as well as the supporting and inhibiting factors in realizing the campus teaching batch 2 at UPT SD 31 Bontomacinna. Qualitative research methods with program evaluation designs have been implemented in this study. With a pedagogical approach and a sociological approach. The pedagogical approach is carried out in the classroom to directly stimulate cognitive learners. The sociological approach is carried out by looking at the reality that exists within the scope of reading and writing. To obtain data, the writer uses interview, observation, and documentation techniques. .Interviews were conducted in the school community using program evaluation techniques. Observations were made during campus teaching program activities. Documentation was carried out to prove data that supports interviews and observations. This research has found an increase in students' reading and writing literacy after realizing campus teaching at UPT SD 31 Bontomacinna Bukukumba Regency, especially for class V. This has a very significant impact on students.Literasi di indonesia mengalami penurunan secara signifikan disebabkan dengan rendahnya literasi membaca dan menulis.Rendahnhya literasi membaca dan menulis juga terjadi juga pada UPT SD 31 Bontomacinna.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis literasi membaca dan menulis melalui kampus mengajar serta faktor pendukung dan penghambat dalam merealisasikan kampus mengajar angkatan 2 di UPT Sd 31 Bontomacinna. Metode Penelitian kualitatif dengan desain evaluasi program telah dilaksanakan pada penelitian ini. Dengan pendekatan pedagogis, dan pendekatan sosiologis.Pendekatan pedagogis dilakukan didalam kelas untuk menstimulus kognitif peserta didik secara langsung.Pendekatan sosiologi dilakukan dengan melihat realitas yang ada terjadi dalam ruang lingkup membaca dan menulis.Untuk memperoleh data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Wawancara telah dilakukan di civitas sekolah dengan teknik evaluasi program.Obsevasi dilakukan selama menjalankan kegiatan program kampus mengajar.Dokumentasi dilakukan untuk membuktikan data yang mendukung wawancara dan observasi.Penelitian ini telah menemukan peningkatan literasi membaca dan menulis peserta didikĀ  setelah merealisasikan kampus mengajar di UPT SD 31 Bontomacinna Kabupaten Bukukumba khususnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...