Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengalaman Siswa Menggunakan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Conny Cornellya (Universitas Riau)
Eddy Noviana (Universitas Riau)
Hendri Marhadi (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Aplikasi google classroom sebagai sebuah wadah bagi guru dan siswa untuk tetap bisa melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana pengalaman siswa menggunakan aplikasi google classroom dalam pembelajaran IPS di kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dalam penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi google classroom mempermudah penyampaian materi dan pemberian tugas dalam pembelajaran IPS selama pembelajaran daring. Namun, siswa merasa belum mampu untuk menggunakan aplikasi google classroom secara mandiri dan membutuhkan bantuan orang tua untuk mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi google classroom. Selama belajar IPS dengan menggunakan aplikasi google classroom siswa memiliki pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan terhadap penggunaan aplikasi google classroom.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...