JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Perancangan Website Point of Sales menggunakan Teknologi QR Code (Studi Kasus Gofha Studio Parfum Danguang-Danguang)

Ridal Ardhi (Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)
Geovanne Farell (Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Departemen Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2023

Abstract

Teknologi berperan dalam perkembangan bisnis transaksi pembelian dan pembayaran parfum sehingga lebih mudah dan efisien waktu dalam melakukan transaksi pembelian dan pembayaran parfum. Agar transaksi beli dan bayar parfum dapat memudahkan pelanggan khususnya pelanggan yang sudah mendaftar menjadi pelanggan tetap maka penulis juga menambahkan teknologi QR Code (Quick Response Code) sebagai teknologi yang membantu dalam mengidentifikasi data member dan membuat transaksi pembelian dan pembayaran parfum dengan mudah. yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah metode waterfall. Metode waterfall memiliki proses yang mudah dipahami dan prosesnya tidak tumpang tindih. Tahap coding merupakan perubahan dari desain yang telah dibuat menjadi program komputer. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter 3 dan MySQL sebagai database management system. Berdasarkan proses pembangunan sistem informasi Gofha Studio Parfum dengan mengimplementasikan metode pengembangan Waterfall Programming yang telah dilakukan, didapatkan hasil untuk landing page, login page, website admin, pemilik, kasir, customer dan pengunjung. . Kesimpulan yang didapat dari hasil perancangan sistem informasi kasir di Gofha Studio Parfum adalah sebagai berikut: 1. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi kasir yang dapat membantu mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi, 2. Sistem informasi kasir di Gofha Studio Parfum dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan memanfaatkan framework Codeigniter 3 dan MySQL sebagai databasenya. 3. Penelitian ini mengimplementasikan API Payment Gateway yang memfasilitasi proses pembayaran melalui berbagai jenis pembayaran online.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...