Penelitian ini didasarkan pada kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Media pembelajaran e-comic kimia berbasis STEM dirasa perlu dikembangkan guna dijadikan media pembelajaran sebagai pegangan yang dapat membantu siswa dalam belajar kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan e-comic kimia berbasis STEM pada materi termokimia yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan dari tahap pertama sampai tahap ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) e-comic kimia berbasis STEM pada materi termokimia sudah memenuhi kriteria valid dengan persentase hasil validasi 85,96%, 2) e-comic kimia berbasis STEM pada materi termokimia memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket respon peserta didik 91,34%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic kimia berbasis STEM pada materi termokimia dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis bagi siswa.
Copyrights © 2023