IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management
Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021

Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek

Devi Suryani (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau)
Ermansyah Ermansyah (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau)
Saipul Alsukri (Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi layanan Gojek di Kecamatan Binawidya Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Data penelitian dianalisis menggunakan program SPSS V.22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan terhadap transportasi Gojek. Selain itu, variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R Square yang diperoleh adalah 0,470. Artinya variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan sebesar 47%. Sedangkan sisanya sebesar 53,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijbem

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM) is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and ...