ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja pelayanan rumah sakit di SiloamHospitals Bali dengan menerapkan aplikasi balancescore card terhadap key performanceindikator karyawan. Siloam Hospitals Bali merupakan salah satu Rumah Sakit swasta di Balidan bagian dari PT. Siloam International Tbk yang mempunyai kualitas pelayanan internationaldenganfokuslayananterhadappasien.SelainmemilikifasilitaskesehatanyanglengkapSiloam Hospitals Bali juga mengembangkan aplikasi-aplikasi yang berbasis teknologi infomasiuntuk mendukung operasionalnnya dan juga didukung oleh tenaga medis dan non medis yangmemilik kompetensi ahli di bidangnya. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa keyperformance indikator karyawan yang sesuai dengan kesepakatan di awal tahun menerapkantarget pendapatan operasional bruto (GOR) 100 %, Kepuasan pelanggan 90 %, kelengkapandan validasi data 90 %, program training e-learning mandatory dan survey 100 % sangatberpengaruh terhadap keberhasilan pelayanan dan operasionalrumah sakit yang dapat dinilaidari hasil akhir yang dicapai pada akhir tahun dari segi finansial sangat baik pendapatanoperasional bruto (GOR) 105 %, dari segi pasien diukur dengan tingkat kepuasan pelanggansangat baik 89 %, internal proses diukur darikelengkapan dan validitas data pasien baik 90%,darisegipembelajarandanpengembanganmeliputi:programtrainingmandatorye-learning dan survey belum memenuhi target dengan capaian 80 % hal ini disebabkan karenashifting masing-masing karyawan yang berbeda-beda dan pada saat jadwal training karyawanyang bersangkutan sedang libur atau lepas jaga malam.Katakunci:kinerja, key performance indikator,balance score card
Copyrights © 2022