Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK)
Vol 5 (2022): PROSIDING SINAPTEK

Pelatihan Bahasa Inggris Pemula Tingkat Anak Sekolah Dasar di Desa Catur

Modesta Hemal (Unknown)
Putu Eka charisma Dewi (Unknown)
Hendro Lema (Unknown)
I Putu David Martinus Paroszynski (Unknown)
Ni Made Diana Erfiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

ABSTRAKBahasa inggris menurut Sahidin (2013) merupakan bahasa resmi dari negara Inggris. Namun, semakin berkembangnya teknologi semakin membuat bahasa Inggris menjadi dikenal dan diminati oleh banyak orang. Firmus Mo’a Passar (2002) bahwa “Tak dapat disangkal bahwa peranan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kian penting dan bahkan merupakan keharusan bagi setiap orang yang ingin berhasil dalam dunia yang maju ini. Sudah menjadi kenyataan bahwa setiap pendidikan formal mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi di Indonesia semua menggunakan pelajaran Bahasa Inggris.” Bahasa Inggris di sekolah dasar secara umum dikembangkan menjadi ketrampilan berbahasa yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis (Depdiknas, 2003: 4). Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa juga membantu siswa mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulis. Fokus dari kegiatan pengajaran ini adalah peningkatan minat belajar bahasa Inggris anak- anak tingkat sekolah dasar di Desa. Tujuan yang ingin dicapai adalah rangka untuk peningkatan minat belajar serta peningkatan keterampilan Bahasa Inggris (soft skill). Beberapa metode yang digunakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah metode tanya jawab dan diskusi untuk mengidentifikasi pengetahuan dan teknologi pendukungnya. Metode ceramah digunakan pada saat proses belajar dan pemahaman teoritis bahasa inggris. Hasil yang dicapai adalah : 1. Anak -anak lebih memahamitentang pentingnya belajar Bahasa Inggris. 2. Anak- anak akan menjadi familiar terhadap bahasa Inggris. 3. Anak-anak akan memiliki kesiapan dalam memasuki pergaulan dengan berbagai bahasa dan budaya kedepannya.Kata kunci: skill, Bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SINAPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Health Professions Social Sciences

Description

Prosiding SINAPTEK adalah forum ilmiah bagi dosen untuk memublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam mengimplementasikan pengetahuan, inovasi, dan aplikasi teknologi tetap guna yang berdampak nyata. Wadah berbagi pengetahuan, best practices, serta inspirasi bagi para akademia, ...