Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PENERAPAN MEDIA BUKU SAKU MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIA SMA SEMINARI ST. RAFAEL OEPOI KUPANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Imelda Paul (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)
Theresia Wariani (Universitas Katolik Widya Mandira)
Early Grizca Boelan (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi terhadap buku saku, mengetahui minat belajar siswa, mengetahui hasil belajar siswa, mengetahui bagaimana hubungan antara minat dan hasil belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan media buku saku. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan asosisatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang yang berjumlah 14 orang. Dengan variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh tim Ahli, lembar tes dan lembar angket dengan menerapkan media buku saku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). validasi terhadap buku saku dinyatakan valid dengan rata-rata Perolehan nilai sebesar 89%, 2). minat belajar siswa sangat baik dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 91,57%, 3). hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan nilai sebesar 80%, dan 4). hubungan antara minat dan hasil belajar siswa pada materi Stoikiometri dengan menerapkan media buku saku cukup kuat dengan perolehan koefisien korelasi (r) sebesar 0,53 dan nilai thitung ≥ ttabel atau 22,6 > 2,178.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...