Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran radio KIIS FM dalam menjaga eksistensi pendengar khalayak di Kota Padangsidempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yang digunakan adalah pengurus dari Radio KIIS FM Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Radio KISS FM menggunakan strategi komunikasi untuk melakukan komunikasi dengan para pendengar/khalayak dengan menggunakan media sosial yang telah berkembang saat ini, dengan cara ini Radio KISS FM dapat mengukur keberhasilan strategi komunikasi dengan melihat respon yang diberikan masyarakat terhadap apa yang dilakukan Radio KISS FM di media sosial. Adapun media yang digunakan mulai dari website, sosial media (facebook daninstagram) dan interaksi langsung menggunakan telepon atau sms sesuai denganperkembangan zaman. Strategi yang digunakan oleh Radio KIIS FM adalah Compability, habbit formation, Control of audience flow, Consevation of program resource dan Mass appcal. Selain itu sehubungan dengan perkembangan zaman Radio KIIS FM kini lebih mudah diakses dengan streaming online hal ini merupakan bentuk respon terhadap perkembangan teknologi yang sekaligus terjadinya perubahan perubahan pada masyarakat dalam mengonsumsi media serta mampu membuka perspektif baru tentang radio selama ini.
Copyrights © 2023