Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 4 No 1 (2016): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 2)

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMA KHADIJAH SURABAYA

Harmita Dian Nastiti (Unknown)
Totok Suyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2016

Abstract

AbstrakOSIS merupakan salah satu organisasi yang menjalankan setiap kegiatannya berdasarkan pembelajaran nyata dalam berpolitik secara demokratis pada tataran sekolah. Nilai-nilai demokrasi yang dijadikan variable dalam penelitian ini adalah nilai demokrasi tentang mengikuti serta menganggap wajar adanya keanekaragaman dan menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembagau. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan sampel sebesar 37 pengurus OSIS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Khadijah Surabaya terlaksana dalam berbagai bentuk kegiatan dan sudah terimplementasi dengan sangat baik. Implementasi nilai demokrasi tentang mengikuti serta menganggap wajar adanya keanekaragaman dalam kegiatan pengambilan keputusan sebesar 86,89% atau masuk ke dalam kategori sangat baik, implementasi nilai demokrasi tentang mengikuti serta menganggap wajar adanya keanekaragaman dalam pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bertanggung jawab, terjalin kerjasama, adanya komunikasi dan keterbukaan sebesar 85,06% atau masuk kedalam kategori sangat baik. Implementasi nilai demokrasi tentang penyelesaian perselisihan secara damai dan melembaga menunjukkan sebesar 87,50% atau masuk ke dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai demokrasi sudah terimplementasi dengan sangat baik dalam kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Khadijah SurabayaKata Kunci: Pendidikan Demokrasi , Nilai Demokrasi dan OSIS.AbstractStudent council is one of organizations which every activity is done based on a real education in politic democratically at the level of school. The democracy values which becomes variable in this research is democracy values by Henry b. Mayo is recognizing and considering reasonable the diversity and resolving disputes peacefully and institutionally. The research used quantitative research with descriptivw method. The sample ot the research consisted of 37 management of student council. The data collected by interview, questionnaire, observation, and documentation while the analysis technique used descriptive quantitative in the percentage. The result showed that the implementation of democracy values in activity of student council at SMA Khadijah Surabaya was carried on some kinds of activity which has implemented well. The implementation of democracy values about participating and assuming fair of diversity in decision activity was 86,89% or included into category very good. The implementation of democracy values about participating and assuming fair of diversity in doing activity responsibility, establishing cooperation, communication and openness wa 85,06% or included into category very good. The implementation of democracy values about the peaceful settlement of disputes and institutionalized showed was 87,50% or included into category very good. Based on the explanation above, it can be concluded that democracy values have implemented very good in activity of student council at SMA Khadijah Surabaya.Keywords: Democracy Education , Democracy Values and OSIS.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...