Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2018): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 1)

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Balong, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo

SHENDY RIYAN CAHYA (Unknown)
HARMANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2018

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran PPKn. Landasan teori di dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran konstruktivisme Jean Piaget dan Lev Vygostsky. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru mata pelajaran PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah: (1) pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, diskusi, dan pembelajaran scientific, (2) kegiatan literasi, dan (3) melakukan kegiatan observasi. Kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan antara lain (1) merumuskan pokok-pokok permasalahan, (2) mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah, (3) memilih argumen yang logis, relevan, dan akurat, (4) mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda dalam menanggapi suatu permasalahan, (5) menentukan akibat dari suatu pertanyaan yang diambil sebagai suatu keputusan. Sedangkan untuk kendala yang dihadapi guru adalah (1) pola pikir siswa yang belum terbiasa untuk berpikir secara kritis (2) sarana dan prasarana sekolah seperti belum tersedianya laboratium khusus mata pelajaran PPKn, ruang kelas yang belum menyediakan LCD untuk kegiatan diskusi. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran, PPKn. Abstract The purpose of this research are to describe the teacher’s strategy in developing student’s critical thinking skills on PPKn lessons and to describe the obstacles which faced by teachers in developing studen’s critical thinking skills on PPKn lessons. The theory in this research is the theory of constructivism learning Jean Piaget and Lev Vygostsky. This research uses descriptive with the type descriptive research. Informants in this research are the three teachers of PPKn lessons. The results of this research showed that the strategy that applied by PPKn Teacher’s in developing the critical thinking ability of students are: (1) ) selection of appropriate learning methods such as cooperative learning, problem based learning, discussion, and scientific learning, (2) literacy activities, and by (3) doing observation. Critical thinking skill of the students such as (1) formulate points of the problem, (2) expose the facts needed to solve a problem, (3) select a logical argument, relevant, and accurate, (4) detecting bias based on the different point of view in response to a problem, (5) determine the result of a question taken as a decision. As for the obstacles faced teachers are (1) the mindset of students who are not used to think critically, (2) poor condition of school facilities and infrastructure such as unavailability of special laboratory for PPKn lessons as well as classrooms that haven’t provided LCD projector for inadequate discussion activity. Keywords: Critical thinking skills, the learning model, PPKn.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...