Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendidikan dari lingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat yang membentuk karakter pengurus OSIS SMAN 1 Mantup Lamongan dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam menanamkan nilai karakter pada pengurus OSIS SMAN 1 Mantup Lamongan. Penelitian ini menggunakan teori belajar observasional Albert Bandura yang terdiri dari proses atensional, retensional, pembentukan perilaku dan motivasional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipatif golongan partisipasi moderat dan dokumen. Analisis data yang dilakukan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan nilai karakter pengurus OSIS diperoleh sejak di rumah melalui pendidikan yang diberikan oleh orang tua. Sekolah berperan dalam meningkatkan karakter yang telah dimiliki pengurus OSIS. Metode pendidikan karakter yang dilakukan oleh keluarga dan sekolah pada dasarnya sama yakni menggunakan keteladanan/contoh, nasihat/teguran, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pengurus OSIS.
Copyrights © 2018