Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2018): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 4)

STRATEGI SEKOLAH DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA (Studi pada SMAN 1 Kertosono)

MUSTIKA DAMARESTI (Unknown)
HARMANTO (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam menerapkan pendidikan demokrasi sebagai wujud nilai-nilai Pancasila di SMAN 1 Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 5 orang, yaitu Kepala Sekolah, guru PPKn, guru BK, Pembina OSIS/Ekstrakurikuler, dan siswa yang ikut OSIS/Ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu mengolah data, mereduksi data, menyajikan data, dan menulis hasil kesimpulan dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk penerapan pendidikan demokrasi sebagai wujud implementasi nilai-nilai Pancasila melalui kotak saran, kepuasan pelanggan, pemilu, serta melalui diskusi di kelas. Hambatan dalam menjalankan strategi ini adalah adanya keluhan siswa dan wali siswa yang berbeda-beda, kurangnya rasa tanggung jawab pada siswa, minimnya rasa keberanian pada siswa untuk mengisi kotak saran, kurangnya rasa percaya diri pada calon kandidat pada saat pemilu, serta minimnya pemahaman siswa mengenai diskusi yang baik. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi hambatan adalah menetapkan prioritas dalam kepuasan pelanggan, mengadakan sosialisasi kotak saran, memberikan motivasi dan pengarahan pada kandidat, mengadakan LDKS, serta memberikan penguatan mengenai diskusi yang baik. Kata Kunci: strategi, pendidikan demokrasi, nilai-nilai Pancasila Abstract This study aims to describe the schools strategy in implementing democratic education as a form of Pancasila values ​​in SMAN 1 Kertosono. The informans from this study amounted to 5 people, namely the principal, PPKn teacher, BK teacher, student/extracurricular board, and students who participated in the student council/extracurricular. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques are carried out through several strategies, namely observation, interviews, and documents. The data analysis technique used in this study uses several steps, namely processing data, reducing data, presenting data, and writing conclusions from Miles and Huberman. The results of this study indicate that the strategy used for the implementation of democratic education as a manifestation of the implementation of Pancasila is carried out through a democratic culture, by entering the suggestion box, customer satisfaction, elections, and through class discussion. Obstacles in carrying out this strategy are the complaints from students and the parents, lack of sense of responsibility to students, courage in students to fill in suggestion boxes, confidence in prospective candidates during elections, and students understanding of good discussion. The solution taken to overcome obstacles is to priorities in customer satisfaction, conduct suggestion box socialization, provide motivation and direction to candidates, hold LDKSs, and provide reinforcement regarding good discussion. Keywords: Strategy, Democracy Education, Values ​​of Pancasil

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...