Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan budaya sekolah yang mendukung terbentuknya perilaku etis peserta didik di SMA Assa’adah, mendeskripsikan penerapan budaya sekolah dalam membentuk perilaku etis peserta didik di SMA Assa’adah, mendeskripsikan perilaku etis peserta didik yang terbentuk melalui budaya sekolah di SMA Assa’adah. Landasan teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Teori Belajar Sosial dari Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah yang dapat membentuk perilaku etis peserta didik di SMA Assa’adah ada enam yaitu apel pagi, bersalaman, finger (absen digital), sholat dhuha berjamaah dan membaca al-qur’an, budaya bersih, dan budaya berseragam. Implementasi budaya sekolah dalam membentuk perilaku etis peserta didik membutuhkan peran dari guru untuk mengawasi kegiatan peserta didik dan ikut melaksanakan budaya sekolah. Perilaku etis peserta didik yang terbentuk yakni perilaku religius, perilaku santun, perilaku disiplin dan perilaku rapi. Kendala yang dihadapi dalam membentuk perilaku etis peserta didik adalah kurangnya kesadaran diri dari peserta didik dan kurangnya komunikasi dengan orangtua mengenai perilaku dari peserta didik. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Perilaku Etis
Copyrights © 2018