SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

UNSUR INTRINSIK NOVEL ENTROK MARYAM, DAN PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

farihiyah (STKIP Pangeran Dharma Kusuma)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Pemanfaatan bahan ajar teks novel untuk siswa SMA kelas XII belum dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkan proses pemanfaatan bahan ajar teks novel ini secara lebih baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran analisis novel adalah dengan melakukan inovasi baru terhadap buku ajar sebagai pegangan siswa. Buku ajar yang menyajikan khusus analisis novel masih jarang dikembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pembelajaran analisis novel untuk siswa SMA dan MA kelas XII. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana unsur-unsur intrinsik dalam novel Entrok, Maryam, dan Pasung Jiwa karya Okky Madasari?, (2) Dari ketiga novel yang dianalisis manakah yang tepat dijadikan bahan pembelajaran apresiasi novel ditinjau dari kalayakan isi, (3) Bagaimana bahan ajar teks novel untuk siswa SMA kelas XII.Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik dalam novel Entrok, Maryam, dan Pasung Jiwa karya Okky Madasari, (2) Mendeskripsikan kelayakan novel Entrok, Maryam, dan Pasung Jiwa karya Okky Madasari ditinjau dari kalayakan isi, (3) Mendeskripsikan bahan ajar teks novel untuk siswa SMA kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis ketiga novel tersebut bahwa novel Maryam adalah salah satu novel yang sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar sastra. Novel ini dapat membentuk karakter peserta didik karena mengandung nilai keindahan, kemanusiaan, etika dan moral, dan nilai religius. Selain itu adanya kesesuaian dengan peserta didik dilihat dari segi bahasa, psikogi siswa, dan latar belakang siswa. Oleh karena itu, novel ini layak dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Nilai rata-rata yang diberikan oleh guru terhadap prototipe bahan ajar ini, yaitu 82,96 termasuk dalam kategori baik dan dari dosen ahli sebesar 77, 86 termasuk dalam kategori baik. Setelah melakukan perbaikan, maka bahan ajar ini berisi materi yang lebih lengkap, contoh-contoh yang cukup memadai dan latihan-latihan yang tidak disertai lembar jawaban. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru membantu siswa dalam penggunaan bahan ajar ini agar dapat menganalisis teks novel dengan baik. Selain itu, para peneliti lain disarankan agar melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar teks novel untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar tersebut dan untuk menguji efektivitas penggunaan bahan ajar teks novel.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sinau

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora (ISSN: 2461-1425 E-ISSN : 2685-1679 ) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada kajian dan penelitian di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora di Indonesia. Fokus pembahasannya mencakup Seputar Pendidikan, Penelitian tindakan Kelas, Ilmu Sejarah, Pendidikan ...