Jurnal Hortikultura Indonesia (JHI)
Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Hortikultura Indonesia

Pertumbuhan Anggrek Cymbidium ensifolium (L.) Sw. dengan Pemberian Pupuk Hayati Mikoriza

Sofatu Misrofah (Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia)
Nintya Setiari (Unknown)
Yulita Nurchayati (Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia)
Sri Widodo Agung Suedy (Departemen Biologi, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

ABSTRAKAnggrek Cymbidium ensifolium adalah anggrek terestrial yang terdaftar di CITES 2020 sebagai spesies hampir terancam punah atau rentan sehingga perlu upaya pelestarian secara ex situ. Salah satu faktor pendukung budidaya anggrek adalah pemberian pupuk. Pupuk hayati mikoriza bersifat ramah lingkungan dan dapat mengurangi dampak negatif pupuk anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pupuk hayati mikoriza berbagai dosis terhadap pertumbuhan anggrek C. ensifolium. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor, yaitu pupuk hayati mikoriza (0; 5; 10; 15 g tanaman-1) dengan 6 ulangan. Data dianalisis pada Analysis of Variance dengan taraf kepercayaan 95%. Percobaan dilakukan bulan Oktober 2021 – Februari 2022 di Tembalang, Semarang. Parameter yang diamati berupa waktu muncul tunas, jumlah tunas, waktu muncul daun, jumlah daun, dan persentase infeksi mikoriza. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk hayati mikoriza berpengaruh signifikan terhadap waktu muncul tunas dan daun, jumlah daun, dan persentase infeksi mikoriza. Pupuk hayati mikoriza sebesar 5 g tanaman-1 merupakan perlakuan optimal untuk meningkatkan waktu muncul tunas dan daun, serta konsentrasi 15 g tanaman-1 optimal meningkatkan jumlah daun dan persentase infeksi mikoriza. Pengaruh pupuk hayati mikoriza ini dapat dikembangkan untuk pelestarian anggrek jenis lain. Kata kunci: anggrek spesies, Cymbidium, biofertilizer, mikoriza

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jhi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Hortikultura Indonesia (JHI) merupakan media untuk publikasi tulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang berkaitan dengan berbagai aspek dalam bidang hortikultura. Jurnal Hortikultura Indonesia (JHI) terbit tiga kali setahun (April, Agustus, dan ...