Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2023): Januari - April 2023

Analysis of students’ mathematical concept understanding ability in learning after covid-19 pandemic at SMPN 1 Anyar

Sella Miftahul Jannah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Hendrayana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna melihat kemampuan siswa SMPN 1 Anyar dalam memahami konsep matematika dalam pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IX-C SMPN 1 Anyar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menerapkan instrument tes berupa 7 soal uraian dengan fokus materi Persamaan Kuadrat dan instrument nontes berupa wawancara semi-terstruktur. Temuan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa memperlihatkan dua peserta didik dengan kategori sangat baik, tiga peserta didik dengan kategori baik, delapan peserta didik dengan kategori sedang, sembilan peserta didik dengan kategori rendah, serta sepuluh peserta didik dengan kategori sangat rendah. Berlandaskan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa SMPN 1 Anyar pada pembelajaran pasca pandemic Covid-19 tergolong masih rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...