Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 1 (2023)

Faktor – faktor yang mempengaruhi Persistensi Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Firda Divianatasya (Unknown)
Suwarno Suwarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba dan diversitas gender terhadap persistensi laba dengan menggunakan good corporate governance sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Pengujian dilakukan dengan pendekatan partial least square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.6.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diversitas gender berpengaruh positif dan signifikan terhadap persistensi laba. Sedangkan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Begitu pula dengan variabel moderasi good corporate governance menunjukkan tidak dapat memperkuat hubungan manajemen laba dan diversitas gender terhadap persistensi laba. Keywords: Manajemen Laba, Diversitas Gender, Good Corporate Governance, Persistensi Laba.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...