Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Vol 2 No 1 (2023): Maret

Pemberdayaan UMKM: Strategi Pemerintah Desa Bonto-Bontoa dalam Menyiasati Dampak Covid-19 di Kabupaten Bantaeng

Andi Hasdiansyah (Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP UMPAR)
Muhammad Athar Asmas (Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP UMB)
Muhammad Adil Arnady (Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP UMB)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan strategi pemerintah desa dalam menghadapi covid-19, terutama bagi UMKM. Tujuan penelitian ini untuk menemukan strategi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Bonto-Bontoa dalam menyiasati dampak covid-19 terhadap pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang. Seluruh data penelitian dikaji dan dianalisis untuk menemukan makna dari apa yang dikatakan oleh informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM di Desa Bonto-bontoa Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng adalah melakukan kegiatan pendampingan dan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Strategi pemberdayaan yang digunakan pemerintah desa untuk peserta UMKM ini membuktikan keberhasilan beberapa pelaku UMKM terutama kemudahan mengelola usaha dan keterampilan pemasaran yang memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jesfa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Journal of Education Sciences: Fondation & Application ini adalah sebagai berikut: 1. Community Development 2. Learning Models 3. Training and Courses 4. Informal Education 5. PAUD Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses ...