Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

The Effect of Teacher Professionalism in Islamic Religious Education in the Era of Society 5.0 in Indonesia: A Meta-Analysis

M Karim (IAIN Kerinci)
Syafrul Antoni (IAIN Kerinci)
Karlini Oktarina (IAIN Kerinci)
Tomi Apra Santosa IAIN Kerinci (Padang State University)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di era Society 5.0 di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian meta analisis. Sumber data berasal dari 17 jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan dari tahun 2025-2023. Pencarian sumber data melalui google scholar, sciencedirect, Emerald, Springer, Taylor of Francis, ProQuest, Hindawi, Wiley dan Eric. Data yang digunakan sebagai sumber telah terindeks oleh SINTA, Scopus, WOS dan DOAJ. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung melalui database online. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian sumber data adalah Profesional, Guru Profesional dan Guru Pendidikan Agama Islam. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan aplikasi OpenMEE. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam yang profesional memiliki pengaruh positif dalam mendukung kemajuan Pendidikan Islam di Indonesia dengan nilai effect size sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru sangat dibutuhkan dalam mendorong kemajuan proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...