JURNAL PENA EDUKASI
Vol 9, No 2 (2022): Oktober 2022

Efektivitas Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring (Studi Kasus di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)

Rezeki, Nurmala (Unknown)
Sabarudin, Sabarudin (Unknown)
Mulyadi, Mus (Unknown)
Apriyanti, Ginta (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Abstract: The government policy in order to prevent the spread of Covid-19 makes lecture can be conducted via online. However, online lecture is not entirely effective because the availability of supporting media and signal limitations. One of the applications that can be used by lecturer is Google Meet. Google Meet application provides some features that can support free online lecture and the using of internet quota is more efficient or more stable. It makes students easier to access Google Meet as an online learning media. This research aims to analyze the effectiveness of using Google Meet as an online learning media in UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. The research uses a qualitative method. The data collection method uses interviews as primary data. The results of this research shows that Google Meet is effective if it is used as an online learning media. It makes easier the delivery and understanding of lecture materials. The using of Google Meet is also efficient because it can be used anywhere and anytime as long as there is an internet network and another supporting media.Keywords: effectiveness; Google Meet; online learning.Abstrak: Kebijakan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 membuat perkuliahan dapat dilakukan secara daring. Namun perkuliahan daring tidak sepenuhnya efektif karena ketersediaan media yang mendukung dan keterbatasan sinyal. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dosen dimasa pandemi adalah Google Meet. Aplikasi Google Meet menyediakan fitur yang mendukung pelaksanaan perkuliahan daring secara gratis dan penggunaan kuota internet yang lebih efisien atau lebih stabil. Hal tersebut tentunya mempermudah mahasiswa untuk mengakses Google Meet sebagai media pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Google Meet sebagai media pembelajaran daring di UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara sebagai data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Google Meet efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring sehingga memudahkan dalam penyampaian dan pemahaman materi perkuliahan. Penggunaan Google Meet juga efisien karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama masih ada jaringan internet dan media pendukung lainnya.Kata kunci: efektivitas; Google Meet; pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan. ...