Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup

Rizka Oktaviyanti (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)
Wirawan Fadly (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Pada proses pembelajaran di Abad 21 saat ini, peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan berpikir kritis. Sehingga tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui survey dengan desain penelitian cross sectional survey. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, yang terdiri dari 27 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, pengamatan, dan wawancara. Pengamatan dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan wawancara dilakukan bersama guru IPA. Adapun tes yang diberikan kepada peserta didik kelas VII berupa soal pilihan ganda. Dimana dalam setiap soalnya, peneliti menggunakan 4 indikator berpikir kritis menurut Facione, antara lain interpretasi, menganalisis, evaluasi, dan inferensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan., menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII berkategori sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari perolehan hasil rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah 32,5. Adapun kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi terdapat pada indikator analisis, yaitu sebesar 46 dan berkategori rendah. Sedangkan indikator yang paling kecil adalah inferensi dengan nilai 16 dan berkategori sangat rendah.

Copyrights © 2023