Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia
Vol 3 No 4 (2022): Desember 2022

Peran Odontologi Forensik dalam Mengungkap Identitas Jenazah yang Tidak Dikenal

Nur Anisa (S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Isnindiah Koerniati (Bagian Kesehatan Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)
Taufik Hidayat (Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Latar belakang: Odontologi forensik merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi jenazah dalam bidang forensik. Metode tersebut terbukti lebih mudah, cepat, dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Objektif: Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui peran odontologi forensik dalam mengungkap identitas jenazah yang tidak dikenal. Metode: Pencarian literatur dilakukan melalui database elektronik Pubmed, Google Scholar, ScienceDirect, dan Proquest. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, literatur terpilih dinilai kelayakannya menggunakan kuesioner Critical Appraisal Skills Programme (CASP checklist) dan The Joanna Briggs Institute (JBI checklist) yang disesuaikan dengan desain masing-masing literatur. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan 35 literatur. Odontologi forensik berperan dalam mengidentifikasi perkiraan usia, jenis kelamin, ras, dan kelainan yang terdapat pada gigi. Identifikasi gigi menggunakan rugoscopy, cheiloscopy, bekas gigitan, cetakan gigi, radiografi, studi fotografi, ameloglyphics, dan metode molekuler. Kesimpulan: Dari hasil studi literatur ini disimpulkan bahwa odontologi forensik berperan penting dalam mengidentifikasi jenazah yang tidak dikenal. Keberhasilan identifikasi ini tergantung pada kelengkapan catatan gigi antemortem dan postmortem.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikesi

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia is a peer-reviewed and open-access journal that focuses on promoting health sciences to integrate research in all aspects of human health. This journal publishes original articles, reviews, and case reports. Subjects suitable for publication include but are not ...